Kamis, 29 Oktober 2015

Metoda Penambangan




             1.            Definisi
 Metoda penambangan ialah suatu cara guna mendapatkan bahan tambang tertentu yang tersembunyi di bawah lapisan  tanah.
             2.            Penggolongan lapisan bahan galian dan batuan
Setelah  suatu endapan bahan tambang ditemukan, digambarkan, dan dievaluasi, langkah selanjutnya ialah peilihan metoda yang aman, ekonomis, dan ramah lingkungan, faktor yang mempengaruhi metode bahan galian  ialah sebagai berikut :
      1.    Karakteristik lapisan.
      2.    Pemeriksaan kadar bahan galian.
      3.    Mempelajari keadaan air disekar.
      4.    Faktor ekonomis untuk memilih suatu metode  penambangan, dan faktor – faktor lainya.
            3.            Metoda – Metoda penambangan
Metoda penambangan ada tiga jenis, yaitu :
3.1       Metode Tambang Terbuka (surface mining)
Tambang terbuka (surface mining) adalah metode penambangan yang segala kegiatan atau aktivitas penambangannya dilakukan di atas atau relatif dekat dengan permukaan bumi, dan tempat kerjanya berhubungan langsung dengan udara luar. Metode tambang terbuka mempunyai tiga tahap, antara lain. :
3.1.1    Open Pit
open pit adalah pengupasan permukaan tanah, bertujuan untuk  mengambil bijih dan akan dibiarkan tetap terbuka selama pengambilan bijih masih berlangsung.Untuk mencapai badan bijih yang umumnya terletak di kedalaman. 
           3.1.2      Quarry
Metoda pertambangan dengan cara quarry adalah metoda penambangan terbuka berdasarkan letak endapan – endapan mineral yang terkandung dalam lapisan tanah.
           3.1.3      Alluvial
 Alluvial Mine adalah tambang terbuka yang diterapkan untuk menambang endapan-endapan alluvial misalnya tambang bijih timah, tambang pasir besi, emas, dll. Berdasarkan cara penggaliannya, alluvial mine dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
1.            Tambang semprot, dimana penggalian endapan alluvial menggunakan semprotan air yang bertekanan tinggi yang berasal dari penyemprot (disebut monitor / water jet / giant). Sesuai dengan namanya, penggalian endapan pada tambang semprot dilakukan dengan menggunakan semprotan air yang bertekanan tinggi dengan menggunakan alat penyemprot yang dinamakan monitor atau water jet atau giant. Kekuatan tekanan disesuaikan dengan jenis material yang digali. Tekanan ini bisa mencapapai 10 atm. Syarat utama pemakaian cara penambangan dengan tambang semprot adalah harus tersedia banyak air, baik untuk penggaliannya maupun untuk pengolahannya.
2.            Penambangan kapal keruk (dredging), digunakan apabila endapan yang akan digali terletak di bawah permukaan air, misalnya di sungai, lepas pantai, dll. Cara penambangan ini digunakan bila endapan terletak di bawah permukaan air, misalnya di lepas pantai, sungai, danau atau lembah yang tersedia banyak. Sistem penggalian dengan kapal keruk dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
     a.    Sistem tangga, yaitu pengerukannya dengan membuat atau membentuk tangga atau jenjang.
      b.    Sistem tekan, yaitu cara pengerukan dengan menekan tangga sampai pada kedalaman tertentu, kemudian maju secara bertahap tanpa membentuk tangga.
       c.    Sistem kombinasi, yaitu gabungan dari kedua sistem di atas.
Berdasarkan dari tempat kerjanya, maka penambangan kapal keruk dapat dibedakan menjadi kapal keruk darat dan kapal keruk laut. Alat-alat yang dipakai pada penambangan kapal keruk berdasarkan alat galinya dibedakan menjadi tiga, yaitu :
     a.    Multy bucket dredge, kapal keruk yang alat galinya berupa rangkaian mangkok (bucket).
     b.    Cutter suction dredge, alat galinya berupa pisau pemotong yang menyerupai mahkota.
    c.    Bucket wheel dredge, alat galinya dilengkapi dengan timba yang berputar (bucket wheel).
3.         Manual mining method, merupakan penambangan sederhana menggunakan tenaga manusia atau hampir tidak menggunakan mesin yang biasanya dilakukan oleh rakyat setempat atau kontraktor kecil untuk menambang endapan yang cadangannya tidak begitu besar, letaknya tersebar dan endapannya cukup kaya. Alat – alat yang biasa digunakan pada manual method adalah sluice box dan dulang (pan).
 
3.2        Metode Tambang Bawah Tanah ( Underground  Mining )
Metoda tambang bawah tanah ialah metoda yang segala kegiatan atau aktifitasnya berada di bawah tanah.Metoda tambang bawah tanah ada beberapa macam, anatar lain :
           3.2.1     Open stope
Open stope ialah metoda penambangan bawah tanah yang tanpa memiliki penyangga didalam penambanganya, hal ini dikarenakan lapisan tanah atau lapisan batuan tersebut cukup kuat untuk menyangga lapisan atasnya
           3.2.2     Supported stope
Supported stope ialah metoda penambangan bawah tanah yang menggunakan bantuan penyangga seperti kayu, besi, dan beton untuk menyangga lapisan tanah diatasnya.

           3.2.3     Ambrukan
Ambrukan ialah ialah suatu metode penambangan bawah tanah dengan cara mengambrukan atau meruntuhkan bagian yang sudah selesai ditambang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar