Kamis, 29 Oktober 2015

Arus Permukaan




Current/Arus merupakan massa air yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain di lautan. Meskipun mereka mengarah hampir ke semua kedalaman, beberapa terjadi dalam arah yang berlawanan ke bagian atas atau bawah dari gerakan mereka sendiri, paling banyak diperhatikan adalah lokasi lapisan bagian atas air dan merupakan arus permukaan/surface currents. Interaksi antara air, atmosfer, dan energi matahari maksimum di lapisan permukaan, dan arus permukaan merupakan hasil dari interaksi ketiganya.

Tenaga utama yang mengendalikan sirkulasi permukaan laut adalah angin, yang menarik dan mendesak air laut seperti tiupan yang melintasi permukaan lautan, menyebabkan massa air bergerak. Arah dari suatu arus laut ditentukan oleh arah angin.

Di wilayah tropis, khususnya di area kering, evaporasi dapat menyebabkan terbentuknya arus. Dimana sejumlah besar air dievaporasi dari permukaan laut, kadar garam yang meningkat, seperti yang terjadi di wilayah Mediterranean dan Red Seas/laut merah.

Mengapa kebanyakan gyres berpindah? Jawabannya bahwa mereka dikendalikan oleh tiupan angin. Tetapi mengapa sirkulasi di Northerm Hemisphere berlawanan arah di Southerm Hemisphere? Dan apa penyebab terjadinya pergerakan sirkular? Itu benar bahwa arus yang membuat large gyres dikendailkan oleh tiupan angin. Tetapi ada suatu faktor tambahan yang tidak hanya mengontrol arah pergerakan arus tetapi juga arah pergerakan angin. Itu adalah Coriolist Effect, yang sangat berpengaruh penting pada tingkah laku lapisan air di bumi. Karena bumi berotasi dari Barat ke Timur, beberapa bodi bergerak di atas permukaan bumi yang cenderung membelokkan arah angin ke arah Northerm Hemisphere dan ke arah kiri di Southerm Hemisphere. Kita tidak akan berusaha untuk menganalisis alasan pembelokan arah angin tersebut. Selama pergerakan tidak menghalangi, efek Coriolis akan menyebabkan arus laut untuk bergerak dalam garis edar sirkular. Keseluruhan pergerakan air laut sangat kompelks, tetapi kita setidaknya mampu untuk menjelaskan pola sirkular dari aliran dalam large gyres.

           
Angin pasat berlokasi di lajur sisi lain dari garis ekuator dan bertiup ke arah itu dari Northeast dan Southeast. Ini disebabkan oleh air yang disapu menuju ke Barat parallel ke arah garis ekuator, membentuk arus North Equatorial dan South Equatorial. Kehadiran lempeng benua di bagian Barat membantu membelokan arus ke arah Utara dan Selatan di sepanjang pesisir lempeng benua sebagai penghangat. Di bagian Barat Atlantic ada arus Gulf Stream. Gulf Stream merupakan arus terbaik yang diketahui dari semua arus laut di dunia. Alirannya sangat besar, bergerak hampir 50 kali sebanyak penggabungan sungai2 di dunia. Gulf Stream yang dinamai oleh Benjamin Franklin, mendapatkan paling banyak air dari bagian Utara dan Selatan Arus Ekuator, yang berputar ke arah Northwest yang mencapai pesisir pantai Amerika Selatan dan meluas ke Laut Karibian. Aliran air hangat ini berakhir di Selat Florida, Selat Florida sendiri memanjang dari Kuba dan Bahamas, pada titik itu diketahui sebagai Gulf Stream. Rata2 memiliki lebar sekitar 50 km dan kedalaman 200 meter, bergerak dengan kecepatan sekitar 6 km/jam dan memiliki temperatur permukaan rata2 25oC. Gulf Stream mengalir ke arah Northeast, ada air lain yang bergabung dan berpisah di dalamnya, begitulah Golf Stream dan itu sangat kecil, berhubungan dengan suatu sistem arus yang kompleks. Dilautan dangkal di Cape Hatteras, Carolina Utara, tempat pertemuan air sungai dan laut, air dingin mengalir di bagian Selatan disepanjang pantainya dan menghasilkan arus treacher-ous. Di sini merupakan pekuburan kapal yang jumlahnya banyak, termasuk daerah Civil War (perang sipil) yang turun temurun. Dari Cape Hatteras, Gulf Stream mengalir ke arah Grand Banks, bagian Selatan dari Newfoundland, di mana itu merupakan tempat bertemunya Labrador Current (Arus Labrador) yang dingin dan berkabut. Di bagian Northeast dari Newfoundland arusnya lebih pelan, kecepatannya hanya sekitar 6 km/hari. Karena bercampur dengan Labrador Current, arus kehilangan warna birunya, jenis yang lebih cepat ke arah Selatan dan melambat, jadi di bagian Timur dari Newfoundland lebih pantas disebut North Atlantic Drift. Banyak divisi yang terjadi yaitu satu ke arah Iceland, satu ke arah pantai Eropa dan satunya lagi ke arah Azores menuju ke Southeast.

Air hangat yang meluas jauh dari ekuator di bagian Barat dari lautan mencapai ketinggian (sekitar 40o arah Utara dan Selatan) di mana tiupan angin Barat terjadi disana. Air hangat dari batas arus bagian Barat yang kita disebut arus seperti Gulf Stream, berputar ke arah Timur dan bergerak ke arah sisi lain dari lautan pada bagian atas Gyre. Efek Coriolis berakhir kembali ke arah Ekuator dekat pantai kontinental. Disini mereka mendingin, dan mengalir ke arah Selatan, mereka masuk wilayah yang lebih hangat dari pada arusnya. Karenanya arus di bagian batas Barat merupakan air hangat dan di bagian Timurnya merupakan air dingin. Arus di bagian Timur bergerak ke arah Selatan atau Utara menuju Ekuator, mereka menjadi lebih hangat dan berputar ke arah Barat mejadi Arus Utara dan Selatan (North & South Current). Karena dalam jumlah besar air bergerak ke area ini, ada "pilling up" dari air di dekat ekuator. Ini membuat batasan arus di bagian Barat, yang bergerak keluar dari wilayah Ekuator yang bergerak lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar